Sabtu, 31 Agustus 2013

Pesona Negeri di Atas Awan- Bromo Tengger Semeru

Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya..
Indonesia sejak dulu kala slalu di puja-puja bangsa..
Disana tempat lahir beta..
Dibuai dibesarkan bunda..
Tempat berlindung dihari tua..
Sampai Akhir Menutup Mata

Aku tak bisa memilih dimana aku akan dilahirkan , namun Tuhan ternyata menumpahkan darahku dibumi ini, bumi yang kaya segalanya. Bumi yang mengandung jutaan tambang didalamnya , tanah yang subur untuk kemakmuran rakyatnya , hutan yang menyimpan kekayaan flora , fauna dan perannya sebagai paru-paru dunia. Lautan luas terhampar, ikan - ikan dan terumbu karang tinggal nyaman disini. Rentetan barisan pegunungan yang menawan berdiri kokoh dengan tangguh . Budaya yang beragam , ribuan bahasa , jutaan penduduknya menjadi satu dibawah naungan atas nama  Indonesia . Aku selalu bangga menjadi bagian dari Bhineka Tunggal Ika , walaupun berbeda tetap satu jua. 

Di bawah langit Indonesia , bermacam-macam suku tinggal dengan adat budaya yang mencerminkan peradaban bangsa yang berkepribadian dan memiliki jiwa seni yang tinggi.   Kekayaan leluhur yang turun menurun dari generasi ke generasi hingga masih bisa bertahan saat ini. Perlu kalian ketahui sahabatku,  Negeri ini memiliki 17.508 pulau yang tersebar dari sabang hingga merauke , namun hanya 7.870 pulau saja yang bernama.Terdapat lebih dari 300 etnik hidup di bumi pertiwi kita ini atau tepatnya menyentuh angka 1.340 suku bangsa ada disini. Wow! :") 

INDONESIA - semua bisa kau temui disini sahabatku. Jelajahi saja negeri ini - dakilah gunungnya hingga berselancarlah di pantainya. Negeri ini benar-benar menakjubkan jika kau tahu. Ijinkan aku bercerita tentang negeri ini, meski tak bisa ku ceritakan semuanya. Setidaknya aku ingin kalian tahu sahabat , membuktikan padamu jika negeri ini memang benar benar akan membuatmu takjub. Aku akan memberi tahu kalian , satu dari 1.340 suku bangsa di negeri ini, suku yang tinggal di sebelah timur pulau jawa, Yaa.. Tengger. 

Menurut wikipedia, Suku Tengger adalah suku yang tinggal di sekita gunung bromo, Jawa Timur. Orang-orang suku Tengger dikenal taat dengan aturan dan agama Hindu. Mereka yakin merupakan keturunan langsung dari Majapahit. Nama Tengger berasal dari Legenda Roro Anteng dan Joko Seger yang diyakini sebagai asal usul nama Tengger, yaitu "Teng" akhiran nama Roro An-"teng" dan "ger" akhiran nama dari Joko Se-"ger".

Bagi suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara yakni Pura Luhur Poten Bromo dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa.
sumber : http://noenkcahyana.blogspot.com
Masyarakat suku Tengger menganut agama Hindu, namun sedikit berbeda dengan yang ada di Bali. Masyarakat disana masih memegang teguh adat dan istiadat Hindu lama yang menjadi pedoman mereka. Hidup sederhana dan kejujurannya membuat keberadaan suku Tengger sangat dihormati oleh masyarakat sekitar. Kesenian suku tengger antara lain Tari sodor dan tari ujung serta alat musik gamelan.


sumber : http://kebudayaanindonesia.net
Selain keberadaan Suku Tengger - pesona disekitar gunung bromo pun tidak kalah menarik.Siapa yang tidak tahu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Pemandangan matahari terbit bisa kita lihat dari atas Gunung Bromo. Pendakian Gunung Semeru -puncak tertinggi di pulau Jawa - untuk jiwa yang haus berpetualang. Menyeberangi hamparan gurun pasir-menunggang kuda bak koboy- menaiki tangga nan curam. Mengintip keindahan dari atas cakrawala
sumber : http://www.wisatajawatimur.com
http://luwandikochelseafc.blogspot.com
http://luwandikochelseafc.blogspot.com
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.Gunung bromo juga merupakan gunung terbaik ke 3 didunia untuk pendakian setelah Gunung Elbrus-Rusia dan Olympus-Yunani.
http://visitmountbromo.blogspot.com/
Gunung semeru pun tak kalah menarik , dengan puncaknya yang bernama Mahameru dan kawahnya jonggring saloko. Selain itu  Semeru mempunya kawasan hutan dipterokarp Bukit, hutan dipterokarp Atas, hutan Montane dan hutan Ericaceous. Selain itu terdapat juga danau yang indah bernama Ranu Kumbolo.Bahkan, keindahan gunung ini telah dihadirkan ke dalam layar lebar.
pialaeropa.tempo.co

Itulah sebagian cerita indah dari negeri di Atas Awan - Bromo Tengger Semeru :") 
Perpaduan Harmoni Alam dan Tradisi 
Perkenalkan dunia.. ini INDONESIA kami :)

2 komentar:

  1. wah memang indah,, jadi bangga sekali menjadi warga negara indonesia, semoga negeri diatas awan ini semakin mendunia :)

    BalasHapus
  2. iyaaaa.... amiinnn ;") selalu banggaa jadi bagian negeri ini..

    BalasHapus