Selasa, 27 Agustus 2013

#HandinHand - Dari kami untuk NIAS tercinta :")

Perkenalkan..
Inilah negeriku dengan beribu pulau membentang dari sabang sampai merauke...
Beraneka ragam flora dan fauna tumbuh, bermacam suku tinggal , berbagai bahasa, agama dan jutaan budaya ada disini ..
Inilah Negeri Zamrud katulistiwa karena keindahannya..
Pegunungan yang menjulang ke langit , laut yang terhapar luas bak permadani..
Inilah  Negeri martim dengan luas lautnya --pemiliki garis pantai terpanjang didunia..
Air melimpah ruah , ribuan ikan , gugusan karang ada disini..
kail dan jala cukup menghidupimu..
Inilah negeri agraris karena kesuburan tanahnya...
Tongkat kayu dan batupun bisa jadi tanaman.. :')
Gemah ripah loh jinawi..

Sungguh ini sebuah negeri yang impian seperti cerita dalam dongeng. Negeri besar dengan jutaan penduduk yang bahkan menduduki peringkat 5 didunia. Penduduknya yang ramah dengan senyum yang selalu dibawa kemana-mana. Kebahagian yang terpancar di setiap pasang mata . Tidak ada kesedihan , kelaparan , kesengsaraan yang hanya ada kemakmuran atas kekayaan negeri ini. 

Tapi tahukah kalian?
Semua yang kuceritakan tadi sepertinya memang hanya dongeng, mungkin aku terlalu banyak bermimpi. Dan pada akhirnya aku harus terbangun dalam mimpiku yang panjang , mimpiku yang indah dan seperti kenyataan. Kenyataannya tidak semua sedang bahagia berdiri dibumi Indonesia tercinta ini?Tidak semua merasakan kemakmuran negeri ini? Pahit memang , miris.. seperti mimpi buruk , yaa teramat buruk bahkan..

Apa kau ingin tahu kenyatannya?
Mungkin ini satu dari ribuan cerita menyedihkan yang terjadi di atas bumi Indonesia. Sebuah cerita yang tak akan kau temui dalam buku dongeng tidurmu . Cerita yang sungguh menyakitkan dan mengenaskan yang terjadi di negeri yang kaya ini. Ada cerita yang cukup menyesakkan dada jika kau tahu. Apa kau tahu sebuah pulau di sebelah barat Sumatera ? Yaa Pulau Nias. Disini banyak orang senang bermain selancar, berdiri rumah tradisional yang begitu menawan , spot penyelaman yang menajubkan dan fahombo (lombat batu) yang membuat orang yang melihatny tercengang. Tapi bukan hal ini yang aku ingin ceritakan pada kalian.
Disini semua benar benar berbeda, tak kutemukan senyum mereka dan membuatku bertanya dimana senyum mereka kini di letakkan?? :"( Bayi bertubuh kurus-bermata sayu-berambut jarang masih bisa kau temui. Mungkin bayi yang sering kau lihat di televisimu hanya fikitf belaka disini. 

Faktanya di Pulau yang tanahnya subur ini  masuk dalam peringkat ke-14 dari 18 provinsi yang masih memiliki prevalensi berat diatas pervalensi nasional.Miris,. ditambah lagi kabupaten Nias selatan masuk juga kedalam 10 kelompok peringkat indeks kesehatan terbawah yaitu menduduki posisi ke 435. Ini bukan mimpi teman , ini benar benar terjadi disini.

Apa sila ke-5 pancasila berlaku disini?  katanya "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".
Teman.. sungguh kesenjangan benar-benar terjadi di negeri ini. Disaat orang-orang kaya dengan perut buncitnya menghambur hamburkan kekayaannya dengan mudah , disini..di nias bayi-bayi mungil-balita tak berdosa yang terlahir berperut buncit karena kelaparan dan bahkan hanya menyisakan tulang dan kulit ditubuhnya. Rambut yang mulai habis karena kekurangan gizi , badan yang lemah karena tak berenergi. Sadarkah kalian teman? Yaa.. di Nias , disana saudara setanah air kita sedang menderita- melawan kelaparan sendiri.

Sebagai salah satu mahasiswa Ilmu gizi disalah satu Univeritas di negeri ini. Sakit rasanya mendengar kenyataan ini, disaat masalah gizi lebih mulai menjadi berita hangat ternyata masih ada cerita terselip tentang gizi kurang di sini. Di saat kegemukan menjadi momok di perkotaan-disini kekurangan gizi masih meraja lela. Ada kelegaan ketika Tango telah mengadakan Tango Peduli Gizi Anak Indonesia :"). Semoga dengan adanya program ini, tak ada lagi anak Indonesia yang kekurangan gizi - dan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan tangguh untuk Indonesia lebih maju.

Mereka butuh kita , teman. Mari kembalikan senyum mereka untuk Indonesia. Kembalikan kebahagiaan yang mereka inginkan , dan wujudkan impian mereka dalam mencapai impiannya.

Langkah nyata apa yang bisa lakukan untuk saudara kita di Nias?
Mari sumbangakn buku dan mainan untuk anak anak nias di sana. Buat mereka bahagia atas pemberian kita. Kelak jika aku berkesmpatan untuk menemui mereka atau nanti jika kalian yang langsung menemui mereka, kabarkan bahwa semua ini pemberian dari kalian-pemberian yang tulus dari saudara setanah air . Tak ada perbuatan seindah berbagi kepada sesama. Dan kalian tahu apa yang akan kalian dapatkan dari mereka? Ucapan "terima kasih" yang tulus dari hati mereka yang tak akan ternilai harganya. ;")
Silakan kirimkan donasi Teman-teman sebelum tanggal 30 Agustus 2013 ke kantor
PT. Ultra Prima Abadi, Jl.Lingkar Luar Barat Kav 35-36, Cengkareng, Jkt Barat :")

Satu buku kalian sangat berarti buat mereka..
Satu mainan kalian akan membahagiakan mereka..
Bahagia itu sederhana, mulailah berbagi kepada sesama dan kau akan BAHAGIA :")

Dari Kami Untuk Nias..
Karena Kita adalah Saudara :)
Titipkan salam dan donasimu untuk Nias :")
Tunjukan kepedulianmu untuk kembalikan senyum mereka
"TOGETHER MAKE THEM SMILE IN SIMPLE WAY"


Sumber referensi:
-Wikipedia
-http://harian-pelita.pelitaonline.com/cetak/2013/05/17/tango-peduli-gizi-adopsi-enam-dusun-di-desa-banua-gea-nias#.UhtjtdKj130




Tidak ada komentar:

Posting Komentar